3 Manfaat UNBK Bagi Siswa dan Guru

Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK merupakan salah satu agenda wajib bagi siswa Indonesia. UNBK biasa dihelat bulan April dan di Indonesia sendiri menjadi fenomena yang biasa heboh. Mengapa heboh?, karena UNBK masih menimbulkan pro kontra dikalangan guru khususnya. Namun dibalik pro kontra UNBK, sejatinya Ujian Nasional memiliki manfaat yang harus dipahami oleh guru dan siswa itu sendiri. Berikut manfaat UNBK:
3 Manfaat UNBK Bagi Siswa dan Guru
Mari sukseskan UNBK dengan kejujuran
- Bagi Siswa
1. Ajang Menguji Kemampuan 
Bagi siswa, UNBK tentu merupakan ajang untuk mengasah seberapa jauh kemampuan mereka dalam menyelesaikan soal sesuai dengan kompetensinya masing-masing. Setelah tiga tahun belajar, mereka diuji untuk menyelesaikan soal-soal yang tentu sudah sering mereka kerjakan di kelas.
2. Menguji Kejujuran
Nah, ini juga yang penting yaitu kejujuran. UNBK adalah sarana mengasah kejujuran siswa dalam mengerjakan soal. Kejujuran ini merupakan nilai utama dalam UNBK, jadi setiap siswa di Indonesia harus mampu memahaminya. Percuma nilai tinggi tapi hasil mencuri alias mencontek, tidak akan ada berkahnya sama sekali. Ingat ya!.
3. Melatih Kesabaran
UNBK adalah sarana mengasah kesabaran. Siswa harus bisa menahan emosi dan tidak larut dalam berita-berita dan info provokasi. Siswa harus sabar bahwa UNBK adalah sebuah ujina kesabaran. Ingat orang yang paling sabar adalah yang beruntung. Sabar dan kerjakan sesuai kemampuan, itu lebih baik.
4. Melatih Daya Juang
Namanya ujian, tentu kamu harus berjuang untuk melaluinya dengan baik. Maka dari itu UNBK akan melatih daya juang kamu sehingga nantinya akan terbawa sampai dewasa. Jika daya juang kamu di UN saja sudah baik tentu di ujian kehidupan lainnya saat dewasa mental tersebut masih tersimpan dalam diri kamu.

- Bagi Guru
1. Sarana Evaluasi Diri
UNBK merupakan wadah evaluasi diri bagi guru, sejauhmana ia memberikan pengajaran dan pendidikan yang baik bagi siswanya. Jika banyak siswa yang bernilai dibawah standar, bisa jadi yang salah adalah cara mendidik dan mengajar gurunya.
2. Menguji Kompetensi Guru
UNBK bisa menjadi sarana bagi guru untuk menguji sejauhmana pemahaman guru akan materi pelajaran di tiap kompetensinya. Guru harus memahami setiap kompetensi dasar yang diujikan di UN agar tidak salah menjelaskan materi ke siswa.
3. Melatih Kesabaran
Sama halnya seperti siswa, dalam UNBK guru juga dilatih kesabarannya. Memang masih banyak guru yang emosi dan tidak yakin manfaat dari UNBK ini. Jika guru itu sabar pastinya ia guru yang baik dan siswa pasti akan belajar dengan baik. Jika tidak ya wasalam.
4. Menguji Kejujuran
Nah sudah pasti yang namanya UNBK itu membuat sekolah ketar-ketir. Ada sekolah yang sering memberi tahu kunci jawaban karena takut image sekolah jelek dll. Ini adalah ujian kejujuran. Sekolah harus memahaminya dan kalau sekolah berbuat tidak jujur, lalu apa gunanya sekolah 3 tahun?????.

Click to comment