5 Manfaat Mempelajari Geografi Bagi Kehidupan

Geografi merupakan ilmu yang mempelajari fenomena-fenomena di permukaan bumi ini baik yang bersifat alami maupun buatan manusia. Geografi berasal dari dua suku kata yaitu geo artinya bumi dan graphein artinya gambaran. Jadi geografi adalah gambaran tentang bumi. Lalu apa sebenarnya manfaat kita belajar geografi?. Berikut ini beberapa manfaat geografi bagi kehidupan manusia.
5 Manfaat Mempelajari Geografi Bagi Kehidupan
Geografi penting dipelajari
1. Mengasah kecerdasan spasial
Kecerdasan spasial adalah kecerdasan dalam memahami, menguasai, mengelola dan mengoptimalkan ruang (dalam hal ini permukaan bumi). Jika kamu belajar geografi dengan benar maka kamu akan bisa menjadi seorang perencana tata ruang yang baik. Lihat sekarang ini banyak terjadi fenomena banjir di kota, kemacetan, slum area dll. Itu semua adalah budah dari tidak cerdasnya manusia dalam mengelola ruang. Jadi geografi akan membawa kamu menjadi seorang manajer ruang yang handal di masa depan.
2. Mengetahui lokasi-lokasi di permukaan bumi
Sudah pasti geografi akan memberikanmu pengetahuan akan lokasi-lokasi penting di permukaan bumi. Kamu tidak akan buta lagi tentang negara A, B, C dan lainnya. Kamu juga bisa memahami peta dengan baik jika belajar geografi dengan serius. Masih banyak siswa bahkan guru yang tidak bisa membaca peta dan tidak mengetahui lokasi-lokasi dengan baik. Oleh karena itu geografi sangat penting.
3. Memprediksi fenomena di masa depan
Geografi dapat membantu kamu memprediksi apa yang terjadi di masa depan dengan melihat pola yang terjadi di masa kini. Pada dasarnya faktor pembentuk dan perubah ruang adalah sama hanya intensitasnya mungkin bervariasi. Dengan mempelajari pola yang terjadi saat ini maka kamu bisa memprediksi apa yang akan terjadi dengan bumi di masa depan.
4. Mengasah kepedulian terhadap bumi dan isinya
Belajar geografi pastinya belajar tentang lingkungan. Artinya kamu akan dibimbing untuk senantiasa peduli terhadap lingkungan. Jangan sampai lingkungan yang serasi ini dirusak oleh kerakusan manusia.
5. Menyadarkan akan kekuasaan Tuhan
Geografi pada akhirnya akan membuat kamu semakin dekat dengan Tuhan karena semua keajaiban di permukaan bumi ini adalah kekuasaanNya. Sebagai khalifah di bumi ini, kamu harus bisa menjaga karunia Allah ini agar terus bisa dinikmati oleh anak cucu di masa depan.

Gambar via https://www.tes.com/

Click to comment