6 Manfaat Konsumsi Pisang Bagi Kesehatan

Pisang, siapa yang tidak suka buah berwarna kuning yang eksotik ini!. Bagi anda yang suka pisang maka saya ucapkan selamat karena kamu merupakan orang yang telah mendapatkan berjuta manfaat dari buah pisang ini. Buah pisang selalu berbuah sepanjang waktu dan tidak musiman seperti halnya duren atau mangga misalnya. Oleh karena itu pisang bisa ditemukan setiap hari di pasar dan dengan harga yang relatif murah tentunya. Berikut manfaat konsumsi pisang bagi kesehatan tubuh:
6 Manfaat Konsumsi Pisang Bagi Kesehatan
Buah pisang yang baik
1. Sumber Vitamin B6 Terbaik
Teman, vitamin B6 dari pisang ini sangat mudah diserap oleh tubuh dan pisang berukuran sedang dapat menyediakan sekitar seperempat dari kebutuhan harian vitamin B6 kamu. Vitamin B6 ini membantu tubuh untuk menghasilkan sel darah merah, memecah karbohidrat, lemak dan mengubahnya menjadi energi, memetabolisme asam amino, melenyapkan zat berbahaya di hati dan ginjal dan menjaga sistem saraf agar tetap sehat. Vitamin B6 juga baik untuk wanita hamil karena membantu mereka memenuhi kebutuhan perkembangan janin.

2. Sumber Vitamin C
Kamu mungkin tidak akan berfikir pisang mengandung vitamin C. Tapi pisang berukuran menengah akan menyedikan 10% kebutuhan vitamin C harian anda. Vitamin C membantu anda melindungi tubuh dari kerusakan sel dan jaringan, tubuh menyerap zat besi lebih baik, tubuh memproduksi kolagen-protein yang merekatkan tubuh, kulit dan tulang secara kuat serta mendukung otak memproduksi serotinin yaitu hormon pengatur tidur, suasana hati, pengalaman stress dan sakit.

3. Sumber Mangan Untuk Kesehatan Kulit
Satu buah pisang berukuran sedang menyedikan sekitar 13% kebutuhan mangan harian anda. Mangan membantu tubuh membuat kolagen dan menjaga kulit dan sel lainnya dari ancaman radikal bebas.

4. Kalium Baik Untuk Jantung dan Tekanan Darah
Pisang ukuran sedang memberi sekitar 320-400 mg kalium yang memenuhi 10% kebutuhan harian anda. Kalium membantu tubuh menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah. Pisang rendah sodium juga. Sodium rendah dikombinasikan dengan kalium tinggi membantu tekanan darah anda agar tidak terlalu tinggi.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Pisang berukuran sedang akan memberikan sekitar 10-12% kebutuhan serat setiap hari. Serat memainkan peranan penting baik itu serat yang larut air maupun tidak. Serat larut air dapat membantu tubuh anda mengendalikan tingkat gula darah dan menyingkirkan zat lemak seperti kolesterol. Serat tak larut air menambah berat badan dan kelembutan tinja sehingga akan membuat ritme BAB anda lancar. Jadi pisang mampu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit, sakit maag dan asam lambung tinggi.

6. Memberi Energi 
Pisang mengandung tiga macam gula alami yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa. Hal ini menjadikan pisang sebagai sumber energi rendah lemak dan ideal untuk atlit, sarapan, camilan tengah hari, sebelum atau sesudah berolahraga.

Click to comment